Selasa, 01 April 2008

Menafsir Kesetiaan

Kapankah KESETIAAN menjadi topik penting dalam kehidupan anda? Saat anda membina hubungan dengan kekasih atau keluarga anda? Saat anda memahami tentang Agama dan paham ketuhanan di dalamnya? Saat anda memahami tentang keluarga? atau ........



Kesetiaan menunjukkan sikap, juga perilaku yang tetap berpegang teguh pada sesuatu yang diyakini dan ingin diraih atau dipenuhi atau dibahagiakan dll.
Saya sempat menonton film Shogun Warriors, di situ salah seorang Shogun besar Jepang Ieyasu keluarganya berkuasa lebih dari 250 tahun menanyakan tentang arti kesetiaan ketika ia diminta untuk bersumpah setia pada sang Kaisar untuk melindungi putra Mahkota Jepang waktu itu, Taiko.
Dalam kenyataannya, ia telah bekerja dengan setia kepada Kaisar sejak masa mudanya dan yang ia alami adalah anak lelakinya harus menjalankan Harakiri (bunuh diri ala Jepang) karena dianggap hendak berkhianat dan memberontak kepada Kaisar.
Pada waktu ia diminta untuk bersumpah setia, ia mempertanyakan kesetiaan itu. Kepada siapa kita harus setia? Kepada Kaisarkah, kepada Tuhankah, kepada bangsa dan negarakah, kepada keluargakah, kepada idealisme-idealisme pribadi kita kah, kepada ini kah, kepada itu kah....?
Kesetiaan ternyata menjadi hal penting untuk dibicarakan dalam hubungan dengan idealisme kita. Kadangkala kesetiaan kepada semua hal di atas membuat kita bingung....
Kepada apa atau siapa anda akan bersumpah setia???


Tidak ada komentar:

Sampah Ambon