Sabtu, 31 Mei 2008

UKIM Mulai Mantap

Sepertinya beta mesti tanyakan ini ke bung Elifas, kutikata.blogspot. Kabar dari UKIM sepertinya sudah mulai menggeliat... beta baca kabar ini di salah satu tulisan Mimbar Maluku yang dieditori oleh bung Elifas...

Ambon,MM.-
Untuk mengembangkan mutu pendidikan dan mempersiapkan Mahasiswa lulusan UKIM memasuki pasar kerja, maka setiap mahasiswa UKIM yang hendak diwisudakan diwajibkan memiliki sertifikat bahasa Inggris dan Komputer. Hal ini disampaikan Rektor UKIM, Prof Dr J E Louhenapessy saat meresmikan Laboratorium Bahasa sekaligus pembukaan Kursus Bahasa Inggris angkatan I di gedung Laboratorium Bahasa dan Komputer UKIM yang berlokasi di Urimessing pada Kamis (29/5). Dalam acara tersebut, Louhenapessy juga meresmikan pengoperasian Head Set yang adalah fasilitas Laboratorium Bahasa Inggris yang baru didatangkan khusus dari Negeri Paman Sam Amerika Serikat.

Louhenapessy menegaskan, di era globalisasi ini, manfaat bahasa Inggris dan komputer adalah 2 kesatuan yang sangat mendukung profesionalisme mahasiswa. Hal ini sangat penting untuk dimiliki mahasiswa UKIM. Karena di dunia pencari kerja sekarang, bahasa Inggris dan komputer sangat dibutuhkan. Itulah sebabnya, seluruh mahasiswa UKIM diharapkan untuk bisa memanfaatkan fasilitas yang telah ada ini sebagai salah satu wahana peningkatan kualitas pengetahuan dan keterampilan guna mempersiapkan karakter kualitas sumber daya manusia yang siap bersaing di pasar kerja.
Selain lecture dan buku, laboratorium memang merupakan hal penting dalam pengembangan UKIM.

“Khusus tahun ini, Laboratorium dasar akan diupayakan juga untuk menunjang aktivitas mahasiswa UKIM. Sekarang Fakultas Teknik telah memiliki 4 unit laboratorium, Ekonomi 2 unit, Fisip 1 unit dan Filsafat 1 unit. Semua bangunan sudah disiapkan bahkan ada juga yang sementara memasukan peralatan. Hanya saja, ada 1 laboratorium teknik yaitu laboratorium uji bahan materil beton yang masih dalam proses, karena peralatannya setinggi 3.9 meter.

Dijelaskan juga bahwa Laboratorium di lingkungan UKIM saat ini sudah bisa mencapai batas minimal. Dicontohkannya, bahwa Laboratorium Filsafat ada di Kamal selama ini selalu difungsikan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan bagi mahasiswa,” ungkap Louhenapessy.

Sementara itu, Adolf Saleky yang adalah Instruktur Bahasa Inggris pada Laboratorium UKIM mengatakan, untuk tahap I ini, peserta kursus bahasa Inggris berjumlah 24 Mahasiswa.

Penerimaanya selalu disesuaikan dengan peralatan yang tersedia. Ke-24 peserta kursus ini, akan ada ujian tingkatan atau placement test untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta yang nantinya akan dibagi ke dalam kelompok atau tingkatan. Mungkin saja ada yang masuk tingkatan elementary atau dasar, intermediate atau pertengahan dan high class. Kursus bahasa Inggris ini nantinya terbuka untuk umum. Ke depan akan ada penambahan peralatan dan semuanya untuk pengembangan UKIM ke depan. Mimbar Maluku - Ambon





Tidak ada komentar: