Rabu, 06 Mei 2009

Doaku untukmu Saudara n Sahabatku Fresly Edgar Hiariej

Saya selalu ingat lagu yang paling disenangi Fresly, "MAMA PUNG HARI JADI"

Saki lawang e
Sio Mama jang susah talalu
Meski papa su seng ada
Jang tongka dagu lia betae
Mama hati jantong
Ada beta par lia-lia mama sio
Angka kaki kabaya par cuci aer mata
Jang susah lai eee

Mama beta inga
Mama punya hari jadi eee
Mama jangan susah
Sombayang par Tete Manise
Anam Puluh tahun lalu sudah
Tuhan su jaga mama sampe tua
Tete Manis eee, jaga beta deng mama juaeee


Ternyata sekarang Tete Manis (Tuhan Yesus) sudah menjaga Fresly dan mamanya.. Mamanya memang sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Fresly adalah teman, saudara, sahabat, yang soal kelucuannya luar biasa. Pernah dia diganggu bencong pada saat kami kebagian proyek mengecat marka jalan di depan Amplas. Eh, malah bencong yang balik digangguin, akhirnya dikurung ama bencong di Salon OTTA, Waihaong, tapi bisa melarikan diri dengan selamat tanpa kurang kehormatannya... heheheheheeee....
Awalnya Fresly tidak tahu merokok dan minum-minuman keras. Dia baru mulai merokok dan menenggak minuman keras pada saat kami diskors karena masalah ujian semester. Pertama merokok, dia menghisap rokok surya 16. 1 (satu) batang belum habis, Fresly sudah mabuk tembakau. Naik sepeda BMX, jatuh kiri kanan karena pusing.
Pertama belajar mengendarai motor di Kota Kupang. Waktu itu dia menemani teman kami Eli yang pindah ke sana untuk beberapa lama. Pertama kali itu pula dia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan tulang keringnya seperti huruf V.
Kami merasa sehidup semati, terutama pada saat konflik di Ambon. Tempat tinggal kami adalah di Talake Muka, sebelum UKIM, berbatasan dengan pagar dok Wayame. Kenangan hampir setahun terus bersama tiap saat, jam, menit, detik, dengan resiko yang tidak main-main, apalagi ketika Talake dan UKIM terus menerus digempur.
Kami berpisah tempat tinggal ketika Talake Muka dan UKIM akhirnya terbakar pada bulan Juni 2000, tapi masih bertemu setiap hari karena tempat tinggal kami berdekatan saja.
Banyak cerita tentang Fresly, harus diingat-ingat dan ditulis lagi...
Bongso, katong seng pernah lupa ale deng samua kelebihan n kekurangan ale.... Tete Manis su sama-sama deng ale tu. Satu saat pasti katong bakudapa...






Tidak ada komentar:

Sampah Ambon