Kamis, 11 Agustus 2011

Silabus Matakuliah Metode Penelitian Sosial

STT GKI I.S. KIJNE - JAYAPURA

SILABUS


METODE PENELITIAN SOSIAL
Jusuf Nikolas Anamofa, S.Si, M.Phil
Semester III Kelas A-B



A. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Metode Penelitian Sosial adalah salah satu mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan. Disebut sebagai mata kuliah Keilmuan dan Ketrampilan karena dengan mempelajari mata kuliah ini diharapkan agar penguasaan terhadap ilmu dapat dibarengi dengan ketrampilan dalam penggunaan apa yang telah dikuasai itu. Dengan demikian, penilaian akhir dari mata kuliah ini adalah kemampuan penggunaan dari konsep-konsep keilmuan yang dianggap telah dikuasai.

B. KOMPETENSI
Kompetensi UtamaKompetensi Pendukung

Mahasiswa memiliki pemahaman yang baik, benar dan tepat tentang Metode Penelitian Sosial serta mampu menerapkan pemahamannya itu ke dalam kerja lapangan penelitian
(Mahasiswa memiliki kemampuan)
  1. Menjelaskan Paradigma Ilmu dan Penelitian.
  2. Menjelaskan Pengertian Metode Penelitian Sosial.
  3. Menjelaskan Tujuan Penelitian Sosial.
  4. Menjelaskan Ruang Lingkup Penelitian Sosial.
  5. Menjelaskan Etika Penelitian Sosial.
  6. Membedakan Jenis-Jenis Penelitian Sosial.
  7. Menjelaskan dan Menentukan Keputusan Operasional Penelitian.
  8. Menjelaskan dan Menentukan Keputusan Prinsipil Penelitian.
  9. Menjelaskan dan Menentukan Keputusan Organisatoris Penelitian.
  10. Melakukan Kerja Penelitian Lapangan.


C. LINGKUP MATERI

Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Konsep-Konsep Dasar Metode Penelitian Sosial (Apa itu Metode Penelitian Sosial?)
  1. Paradigma Ilmu dan Penelitian.
  2. Pengertian Metode Penelitian Sosial.
  3. Tujuan Penelitian Sosial.
  4. Ruang Lingkup Penelitian Sosial.
  5. Etika Penelitian Sosial.
  6. Jenis-Jenis Penelitian Sosial.
Mengerjakan Penelitian Sosial: (Merancang Penelitian Sosial)
  1. Keputusan Operasional Penelitian
  2. Keputusan Prinsipil Penelitian
  3. Keputusan Organisatoris Penelitian
Mengerjakan Penelitian Sosial: (Praktek Kerja Lapangan)
  1. Praktek Pengumpulan Data.



D. RENCANA PEMBELAJARAN

Minggu I

Bentuk Pembelajaran:
  1. Presentasi Materi Kuliah
  2. Pemberian Tugas I
Isi Materi:
  1. Uraian Rencana Pembelajaran Mata Kuliah Metode Penelitian Sosial;
  2. Lihat Panduan Tugas I

Minggu II

Kompetensi:
  • Menjelaskan Paradigma Ilmu dan Penelitian;
  • Menjelaskan Pengertian Metode Penelitian Sosial;
  • Menjelaskan Tujuan Penelitian Sosial;
Bentuk Pembelajaran:
  1. Pengumpulan Tugas I
  2. Presentasi dan Diskusi Tugas I
  3. Presentasi dan Diskusi Materi
Isi Materi:
  1. Paradigma Ilmu dan Penelitian;
  2. Pengertian Metode Penelitian Sosial;
  3. Tujuan Penelitian Sosial;
Bobot Nilai:
  1. Tugas I = 20 %

Minggu III

Kompetensi:
  • Menjelaskan Ruang Lingkup Penelitian Sosial;
  • Menjelaskan Etika Penelitian Sosial;
  • Membedakan Jenis-Jenis Penelitian Sosial.
Bentuk Pembelajaran:
  1. Presentasi dan Diskusi Materi;
  2. Pemberian Tugas II.
Isi Materi:
  1. Ruang Lingkup Penelitian Sosial;
  2. Etika Penelitian Sosial;
  3. Jenis-Jenis Penelitian Sosial.

Minggu IV

Kompetensi:
  • Mengidentifikasi Pokok Minat;
  • Mengidentifikasi Masalah Penelitian;
  • Merumuskan Masalah Penelitian;
  • Menentukan Tujuan Penelitian;
  • Merinci Tujuan Penelitian;
  • Menemukan Kajian Kepustakaan;
  • Menemukan Teori Pendukung yang relevan.
Bentuk Pembelajaran:
  1. Presentasi Materi dan Kerja Kelompok.
Isi Materi:
  1. Keputusan Operasional Penelitian.

Minggu V, VI

Kompetensi:
  • Menjelaskan Satuan Analisis;
  • Menentukan Satuan Analisis Penelitian;
  • Menjelaskan Satuan Pengamatan;
  • Menentukan Satuan Pengamatan Penelitian;
  • Menjelaskan Sumber Informasi;
  • Menentukan Sumber Informasi Penelitian;
  • Menjelaskan Instrumen Penelitian;
  • Merumuskan Instrumen Penelitian;
  • Menjelaskan Jenis-Jenis Teknik Pengumpulan Data;
  • Menentukan Teknik Pengumpulan Data Penelitian;
  • Menjelaskan Jenis-Jenis Teknik Analisis Data;
  • Menentukan Teknik Analisis Data Penelitian.
Bentuk Pembelajaran:
  1. Presentasi Materi dan Kerja Kelompok.
  2. Pengumpulan Tugas II (Minggu VI)
Isi Materi:
  1. Keputusan Prinsipil Penelitian.
Bobot Nilai Tugas II: 20 %


Minggu VII

Kompetensi:
  • Menjelaskan Pengorganisasian Penelitian;
  • Menentukan Pengorganisasian Penelitian.
Bentuk Pembelajaran:
  1. Presentasi Materi dan Kerja Kelompok.
Isi Materi:
  1. Keputusan Organisatoris Penelitian.

Minggu VIII, IX, X, XI, XII, XIII

Kompetensi:
  • Melakukan Kerja Penelitian Lapangan Pengumpulan Data Penelitian
Bentuk Pembelajaran:
  1. Presentasi Materi dan Kerja Kelompok (Minggu VIII);
  2. Pemberian Tugas III (Minggu VIII).
  3. Evaluasi Kerja Kelompok (Minggu IX, X, XI).
  4. Pengumpulan Tugas III (Minggu XII).
  5. Presentasi dan Diskusi Tugas III (Minggu XII, XIII)
Isi Materi:
  1. Teknis Pengumpulan Data Lapangan;
  2. Lihat Panduan Tugas III.

Minggu XIV, XV

Evaluasi Seluruh Capaian Kompetensi

Bentuk Pembelajaran:
  1. Review dan Evaluasi;
  2. Pemberian Tugas Pembuatan Portofolio (Minggu XIV).
  3. Pengumpulan Portofolio (Minggu XV).
Isi Materi:
  1. Seluruh Pokok Bahasan;
  2. Panduan Portofolio.
Bobot Nilai Portofolio: 15 %


Minggu XVI, XVII

Evaluasi Seluruh Capaian Kompetensi Lewat Ujian Akhir Semester

Lihat Panduan Ujian Akhir Semester.

Bobot Nilai Ujian Akhir Semester: 20 %


E. NORMA AKADEMIK
  1. Kegiatan pembelajaran dimulai tepat waktu sesuai dengan jadwal kuliah untuk tiap kelas. Toleransi keterlambatan hanya 10 menit. Lewat dari 10 menit, boleh ikut perkuliahan, tetapi dianggap tidak hadir.
  2. Selama kuliah HP dimatikan atau silence mode.
  3. Pengumpulan Tugas diterapkan sesuatu jadwal dalam rencana pembelajaran. Dilakukan sebelum proses kuliah hari tersebut dimulai. Bagi yang dikumpulkan setelah kuliah tetapi masih di hari yang sama, nilai hanya 75 % dari nilai yang berhak diterima; bagi yang terlambat 1 hari, nilai hanya 50 % dari nilai yang berhak diterima; lebih dari 1 hari, dianggap tidak memasukkan tugas.
  4. Dilarang melakukan plagiat atau peniruan dan pengakuan atas hasil karya orang lain dalam bentuk apapun. Apabila kedapatan, akan diberikan sanksi tegas berupa nilai E.
  5. Presentasi akan dihitung sebagai salah satu elemen penilaian akhir. Bobot nilai presentasi adalah 5 %.
  6. Nilai terbaik akan mendapatkan penghargaan.

F. PANDUAN EVALUASI
Untuk Panduan Tugas, Portofolio dan Ujian Akhir Semester, silahkan lihat pada Silabus yang telah diserahkan kepada mahasiswa.


G. REFERENSI
  1. Black, James A. & Dean J. Champion (terj. E. Koeswara, Dira Salam, Alfin Ruzhendi), 1999, Metode dan Masalah Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.
  2. Given, M., Lisa (ed.), 2008, The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods, Los Angeles-London-New Delhi-Singapore: Sage Publications Inc.
  3. Hollway, Wendy & Tony Jefferson, 2000, Doing Qualitative Data Differently: Free Association, Narrative and The Interview Method, London-Thousand Oaks-New Delhi: Sage Publications Inc.
  4. Jupp, Victor (ed.), 2006, The Sage Dictionary of Social Research Methods, London-Thousand Oaks-New Delhi: Sage Publications Inc.
  5. Kaelan, M.S., 2005, Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat: Paradigma bagi pengembangan penelitian interdisipliner bidang Filsafat, Budaya, Sosial, Semiotika, Sastra, Hukum dan Seni, Yogyakarta: Paradigma.
  6. Kuntowijoyo, 2003, Metodologi Sejarah (ed. Kedua), Yogyakarta: Tiara Wacana.
  7. Miles, B. Matthew & A. Michael Huberman (terj. Tjetjep Rohendi Rohidi), 1992, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: UI-Press.
  8. Nazir, Moh. 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.
  9. Pranoto, W. Suhartono, 2010, Teori dan Metodologi Sejarah, Yogyakarta: Graha Ilmu.
  10. Salim, Agus, 2006, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial: Buku Sumber Untuk Penelitian Kualitatif (ed. Kedua), Yogyakarta: Tiara Wacana.
  11. Santana K., Setiawan, 2010, Menulis Ilmiah Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  12. Savin-Baden, Maggi & Claire Howell Major, 2010, New Approaches to Qualitative Research: Wisdom and Uncertainty, New York & London: Routledge.
  13. Silverman, David, 2008, Doing Qualitative Research: A Comprehensive Guide, Los Angeles-London-New Delhi-Singapore: Sage Publications Inc.
  14. Spradley, P. James (terj. Misbah Zulfa Elizabeth), Metode Etnografi (ed. Kedua), Yogyakarta: Tiara Wacana.
  15. Sugiyono, 2008, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
  16. Sumanto, 1990, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Yogyakarta: Andi Offset.
  17. Vanderstoep, W., Scott & Deirdre D. Johnston, 2009, Research Methods For Everyday Life: Blending Qualitative and Quantitative Approaches, San Francisco: Jossey-Bass.
  18. Vardiansyah, Dani, 2008, Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Jakarta: Indeks.
  19. Walliman, Nicholas, 2006, Social Research Methods, London-Thousand Oaks-New Delhi: Sage Publications Inc.
  20. http://.id.wikipedia.org/wiki/ilmu

N.B: Silabus yang lebih terinci telah diserahkan kepada para mahasiswa. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Nyanyian Jemaat GPM No. 36. "Saat Ini"