Nama
Mata Kuliah :
FILSAFAT PENDIDIKAN
Kode
Mata Kuliah : P
403192
SKS : 2
(teori)
Dosen : Jusuf
Nikolas Anamofa, S.Si, M.Phil
Prasyarat : -
Waktu
Perkuliahan : Semester
Genap (2011-2012)
Deskripsi
Mata Kuliah:
Mata
kuliah ini disajikan kepada mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), Sekolah Tinggi Teologi GKI I.S. Kijne Jayapura. Dalam payung pola ilmiah pokok institusi, yaitu Teologi Kontekstual, maka mata kuliah ini akan memperkenalkan aspek-aspek Filsafat Pendidikan (Agama Kristen)
dan menggali masalah-masalah pendidikan (agama Kristen) yang kontemporer dan kontekstual di Papua.
Sumber bacaan yang digunakan adalah tentang pengantar umum ke dalam Filsafat
Pendidikan, sementara untuk sumber-sumber bacaan pendukung, mahasiswa akan
ditugaskan untuk mencari dan menemukannya.
Manfaat
mata kuliah ini adalah untuk membangun komunitas intelektual yang mampu
menemukenali masalah-masalah pendidikan, merefleksikannya dan
mengekspresikannya dalam gagasan-gagasan yang rasional, kreatif dan logis untuk
menjawab pertanyaan utama dari tujuan diberikannya mata kuliah ini, yaitu: Apa
yang dapat pendidikan (agama Kristen) lakukan dalam kehidupan manusia,
khususnya di Papua?
Kuliah
ini terbagi atas dua bagian pertemuan besar, yaitu bagian pertama (sebelum
Ujian Tengah Semester = UTS) adalah upaya menemukenali aspek-aspek teoretis dari
Filsafat Pendidikan, dan bagian kedua (setelah UTS) adalah upaya untuk
menemukenali masalah-masalah pendidikan kontemporer kontekstual,
merefleksikannya dan mendiskusikannya.
Kompetensi
Utama:
Setelah
mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan
untuk mendalami masalah-masalah pendidikan (Agama Kristen) yang kontemporer dan
kontekstual dengan memanfaatkan perspektif Filsafat Pendidikan.
Kompetensi Pendukung:
Setelah
mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan
tambahan berupa:
- Kemampuan mencari dan menemukan bahan bacaan yang relevan baik cetak maupun elektronik.
- Kemampuan dalam membaca dan memahami literatur-literatur berbahasa Inggris.
- Kemampuan untuk mengungkapkan pendapat baik secara lisan maupun tulisan secara sistematis.
- Kemampuan untuk mempresentasikan pendapat dengan baik dan jelas.
Garis Besar Materi Perkuliahan
Pengantar Ke Dalam
Filsafat Pendidikan (Agama Kristen):
a.
Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi,
Epistemologi, Aksiologi).
b.
Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan.
c.
Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Agama Kristen.
Konsep-Konsep Filsafat
Dalam Bidang Pendidikan:
a.
Nativisme.
b.
Naturalisme.
c.
Empirisme.
d.
Konvergensi.
Aliran-aliran Filsafat
Dalam Bidang Pendidikan:
a.
Idealisme
b.
Realisme
c.
Pragmatisme
d.
Eksistensialisme
Aliran-Aliran
Filsafat Pendidikan
a.
Esensialisme
b.
Perenialisme
c.
Progresivisme
d.
Rekonstruksionisme
e.
Pendidikan Kritis (Critical Pedagogy)
Konsep
Pendidikan Menurut Pemikir Indonesia
a.
Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar
Dewantara
b.
Konsep Pendidikan Menurut Driyarkara
Konsep Pendidikan
Menurut Pemikir di Papua
a.
Konsep Pendidikan (Kristen) Menurut
Izaak Samuel Kijne
Pendidikan
Dalam Konteks Papua
a.
Masalah-Masalah Pendidikan di Papua Yang
Dapat Ditemukenali.
b.
Analisis Terhadap Masalah-Masalah Bidang
Pendidikan di Papua Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan.
Referensi:
- Audi, Robert (ed.), 1999, The Cambridge Dictionary of Philosophy (2nd ed.), Cambridge University Press: Cambridge
- Bagus, Lorens, 2005, Kamus Filsafat, Gramedia: Jakarta
- Barrow, Robin & Ronald Woods, 2006, An Introduction to Philosophy of Education (4th ed.), Routledge: London & New York.
- Holley, Raymond, 1978, Religious Education and Religious Understanding: An Introduction To The Philosophy Of Religious Education, Routledge: London & New York.
- Kattsoff, Louis O, 2004, Pengantar Filsafat (terj. Soejono Soemargono), Tiara Wacana: Yogyakarta
- Magnis-Suseno, Franz, 1992, Filsafat Sebagai Ilmu Kritis, Kanisius: Yogyakarta.
- Race, Richard, 2011, Multiculturalism and Education, Continuum: London.
- Soyomukti, Nurani, 2010, Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern, Arr-Ruzz Media: Yogyakarta.
- Sudiarja, A., dkk, 2006, Karya Lengkap Driyarkara: Esai-Esai Filsafat Pemikir Yang Terlibat Penuh Dalam Perjuangan Bangsanya, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
- Suparlan, Y.B, 1984, Aliran-Aliran Baru Dalam Pendidikan, Andi Offset: Yogyakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar