Senin

Silabus Matakuliah FILSAFAT PENDIDIKAN (AGAMA KRISTEN)


Nama Mata Kuliah    : FILSAFAT PENDIDIKAN
Kode Mata Kuliah     : P 403192
SKS                             : 2 (teori)
Dosen                           : Jusuf Nikolas Anamofa, S.Si, M.Phil
Prasyarat                    : -
Waktu Perkuliahan   : Semester Genap (2011-2012)

Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini disajikan kepada mahasiswa semester II Jurusan Pendidikan Agama Kristen (PAK), Sekolah Tinggi Teologi GKI I.S. Kijne Jayapura. Dalam payung pola ilmiah pokok institusi, yaitu Teologi Kontekstual, maka mata kuliah ini akan memperkenalkan aspek-aspek Filsafat Pendidikan (Agama Kristen) dan menggali masalah-masalah pendidikan (agama Kristen) yang kontemporer dan kontekstual di Papua. Sumber bacaan yang digunakan adalah tentang pengantar umum ke dalam Filsafat Pendidikan, sementara untuk sumber-sumber bacaan pendukung, mahasiswa akan ditugaskan untuk mencari dan menemukannya.
Manfaat mata kuliah ini adalah untuk membangun komunitas intelektual yang mampu menemukenali masalah-masalah pendidikan, merefleksikannya dan mengekspresikannya dalam gagasan-gagasan yang rasional, kreatif dan logis untuk menjawab pertanyaan utama dari tujuan diberikannya mata kuliah ini, yaitu: Apa yang dapat pendidikan (agama Kristen) lakukan dalam kehidupan manusia, khususnya di Papua?
Kuliah ini terbagi atas dua bagian pertemuan besar, yaitu bagian pertama (sebelum Ujian Tengah Semester = UTS) adalah upaya menemukenali aspek-aspek teoretis dari Filsafat Pendidikan, dan bagian kedua (setelah UTS) adalah upaya untuk menemukenali masalah-masalah pendidikan kontemporer kontekstual, merefleksikannya dan mendiskusikannya.

Kompetensi Utama:
Setelah mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan untuk mendalami masalah-masalah pendidikan (Agama Kristen) yang kontemporer dan kontekstual dengan memanfaatkan perspektif Filsafat Pendidikan.

Kompetensi Pendukung:
Setelah mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan tambahan berupa:
  1. Kemampuan mencari dan menemukan bahan bacaan yang relevan baik cetak maupun elektronik.
  2. Kemampuan dalam membaca dan memahami literatur-literatur berbahasa Inggris.
  3. Kemampuan untuk mengungkapkan pendapat baik secara lisan maupun tulisan secara sistematis.
  4. Kemampuan untuk mempresentasikan pendapat dengan baik dan jelas.

Garis Besar Materi Perkuliahan

Pengantar Ke Dalam Filsafat Pendidikan (Agama Kristen):
a.       Ruang Lingkup Filsafat (Ontologi, Epistemologi, Aksiologi).
b.      Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan.
c.       Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Agama Kristen.

Konsep-Konsep Filsafat Dalam Bidang Pendidikan:
a.       Nativisme.
b.      Naturalisme.
c.       Empirisme.
d.      Konvergensi.

Aliran-aliran Filsafat Dalam Bidang Pendidikan:
a.       Idealisme
b.      Realisme
c.       Pragmatisme
d.      Eksistensialisme

Aliran-Aliran Filsafat Pendidikan
a.       Esensialisme
b.      Perenialisme
c.       Progresivisme
d.      Rekonstruksionisme
e.       Pendidikan Kritis (Critical Pedagogy)

Konsep Pendidikan Menurut Pemikir Indonesia
a.       Konsep Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara
b.      Konsep Pendidikan Menurut Driyarkara

Konsep Pendidikan Menurut Pemikir di Papua
a.       Konsep Pendidikan (Kristen) Menurut Izaak Samuel Kijne

Pendidikan Dalam Konteks Papua
a.       Masalah-Masalah Pendidikan di Papua Yang Dapat Ditemukenali.
b.      Analisis Terhadap Masalah-Masalah Bidang Pendidikan di Papua Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan.

Referensi:
  1. Audi, Robert (ed.), 1999, The Cambridge Dictionary of Philosophy (2nd ed.), Cambridge University Press: Cambridge
  2. Bagus, Lorens, 2005, Kamus Filsafat, Gramedia: Jakarta
  3. Barrow, Robin & Ronald Woods, 2006, An Introduction to Philosophy of Education (4th ed.), Routledge: London & New York.
  4. Holley, Raymond, 1978, Religious Education and Religious Understanding: An Introduction To The Philosophy Of Religious Education, Routledge: London & New York.
  5. Kattsoff, Louis O, 2004, Pengantar Filsafat (terj. Soejono Soemargono), Tiara Wacana: Yogyakarta
  6. Magnis-Suseno, Franz, 1992, Filsafat Sebagai Ilmu Kritis, Kanisius: Yogyakarta.
  7. Race, Richard, 2011, Multiculturalism and Education, Continuum: London.
  8. Soyomukti, Nurani, 2010, Teori-Teori Pendidikan: Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Postmodern, Arr-Ruzz Media: Yogyakarta.
  9. Sudiarja, A., dkk, 2006, Karya Lengkap Driyarkara: Esai-Esai Filsafat Pemikir Yang Terlibat Penuh Dalam Perjuangan Bangsanya, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
  10.  Suparlan, Y.B, 1984, Aliran-Aliran Baru Dalam Pendidikan, Andi Offset: Yogyakarta.


Tidak ada komentar: