Senin, 13 November 2017

Menangani "IDM Has Been Registered With A Fake Serial Number"

Internet Download Manager atau IDM telah dikenal sebagai software download yang populer saat ini. Sayangnya, IDM ini adalah software berbayar. Ada beberapa pihak yang menyediakan "full version"nya secara free lengkap dengan "patch serial number"nya. Yang dimaksudkan dengan "patch" adalah tindakan mensiasati kode-kode tertentu pada software tersebut sehingga dapat dipergunakan seperti "full version". Namun, kadang-kadang "patching" yang dilakukan masih menyisahkan cela-cela tertentu yang terbaca secara online. Terkait dengan IDM, cela itu terbaca sebagai "IDM Has Been Registered With A Fake Serial Number."

Biasanya pada saat IDM terbaca secara online telah dipatching, akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar ini. Pemberitahuan ini akan muncul setiap 3 (tiga) menit sekali sehingga kita akan sangat terganggu karena akan terus menutupnya. Setelah menekan OK, akan muncul pilihan untuk memasukkan "serial number" yang sebenarnya. Terhadap hal itu, telah ada beberapa pihak yang menyediakan jalan keluar atau mensiasatinya. Tentu saja dengan perubahan-perubahan kode pada software IDM.

Oleh karena saya pernah mengalami seperti ini, saya ingin berbagi cara yang juga dibagikan di internet oleh beberapa orang. Dari sekian banyak cara, saya memilih cara di bawah ini:

Langkah I: Melakukan "Tweaking" Terhadap File-File Program IDM
Kita harus melakukan "tweaking" terhadap beberapa file program IDM agar pemberitahuan "Fake Serial Number" tidak muncul lagi. Jangan lupa, untuk melakukan perubahan pada kode-kode program tersebut, internet anda harus lebih dulu dioffline (sebaiknya tidak dilakukan saat online).

Langkah-langkahnya adalah:
  1. Buka C:\Program Files\Internet Download Manager atau C:\Program Files (x86)\Internet Download Manager.
  2. Cari file dengan nama IDMGrHlp.exe kemudian hapus file tersebut.
  3. Cari file idmBroker.exe kemudian copykan file tersebut ke dalam folder yang sama. File itu akan muncul sebagai file copy.
  4. Rubah (rename) file idmBroker.exe copy tersebut dengan nama IDMGrHlp.exe.
  5. Restart komputer anda agar perubahannya bekerja dengan baik.

Langkah 2: Mematikan Fungsi Update Otomatis Pada IDM

Untuk lebih meyakinkan bahwa persoalan itu tidak muncul lagi, anda perlu mematikan (disable) fungsi update otomatis pada IDM. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka Run dengan cara klik tombol start dan ketik Run pada kolom search programs and files.
  2. Setelah Run terbuka, ketikan regedit ==> OK
  3. Cari HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager
  4. Di kolom sebelah kanan, cari CheckUpdtVM. Rubah value-nya menjadi 0 dengan cara double klik pada kode tersebut kemudian rubah pada kolom value.
  5. Restart komputer anda.
Yang patut diingat adalah jika anda mengkoneksikan IDM dengan firefox maka pada saat-saat tertentu, IDM anda harus diinstal dengan versi terbaru. Hal itu disebabkan karena firefox selalu melakukan update pada fungsi-fungsinya termasuk pada add-ons nya. Jika firefox telah terupdate sementara IDM anda masih versi lama maka tidak akan compatible antara keduanya.

Sekian dari saya,

SEMOGA BERHASIL

Tidak ada komentar:

Nyanyian Jemaat GPM No. 36. "Saat Ini"