Selasa, 22 April 2008

Paul F. Knitter lagi




Bagi teman-teman yang belajar Teologi tentu sudah tidak asing lagi dengan tokoh yang satu ini, Paul F. Knitter. Sebagian besar penelitian dan publikasi dari beliau adalah tentang pluralisme agama dan dialog interreligious. Sejak bukunya yang terbit tahun 1985 "NO OTHER NAME?", Knitter terus melakukan eksplorasi bagaimana komunitas beragama di dunia dapat bekerjasama dalam mempromosikan kebaikan bagi kemanusiaan dan ekologis. Pekerjaannya terwujud dalam beberapa buku, yaitu "ONE EARTH MANY RELIGIONS: Multifaith Dialogue and Global Responsibility" (1995) yang diterjemahkan oleh Bpk. Nico Likumahuwa dengan judul SATU BUMI BANYAK AGAMA. Bukunya yang lain "JESUS AND THE OTHER NAMES: Christian Mission and Global Responsibility" (1996), juga salah satu survey kritisnya tentang pendekatan Kristen terhadap agama-agama lain: "INTRODUCING THEOLOGIES OF RELIGIONS (ORBIS BOOKS, 2002). Tahun 2005, Knitter mengeditori suatu kajian antar-iman yang berjudul: "MYTH OF RELIGIOUS SUPERIORITY (Orbis Books). Saat ini, Knitter sementara mengerjakan proyek tulisannya yang rencananya akan dipublikasikan pada awal 2009. Rencana judul tulisan yang sementara dikerjakannya ini adalah "WITHOUT BUDDHA I COULD NOT BE A CHRISTIAN: A Personal Journey of Passing Over and Passing Back"


Dalam konteks Papua, mengerjakan teologi pluralis mengisyaratkan suatu keterbukaan yang lebih dari sekedar keterbukaan yang biasa. Memahami dengan hati sampai pada akar iman orang lain membutuhkan kemampuan untuk belajar dan belajar dari komunitas beragama lain.
Gagasan-gagasan Knitter dapat menjadi acuan bagi pekerjaan-pekerjaan itu, tetapi lebih dari itu, perjalanan hidup Knitter sendiri bila dipelajari dan dapat dimengerti, sudah lebih dari cukup untuk menjadi bahan bagi upaya mempromosikan kebaikan bersama bagi kemanusiaan dan lingkungan kita.



Tidak ada komentar: