Jumat, 12 Desember 2008

Buku Tentang Natal: CHRISTMAS, IDEOLOGY AND POPULAR CULTURE


Editor: Sheila Whiteley
Penerbit: Edinburgh University Press (2008)
Bahasa: Inggris
Halaman: 235

Bagaimana kita memahami Natal? Apa yang dimaksudkan dengan Natal? Tentu Natal akan bermakna bagi semua orang yang merayakannya. Bagaimana bila perayaan-perayaan Natal yang yang kita lakukan selama ini adalah hasil dari produksi budaya pop kapitalis?
Buku ini adalah suatu pengantar kepada studi budaya pop lewat studi kasus. Buku ini mencoba menggali konteks budaya, sejarah dan sosial dari Natal di Inggris, USA dan Australia. Para penulis dalam buku ini mencoba memahami produksi makna yang dimediasi oleh aktifitas-aktifitas sosial dan budaya seputar Natal (menonton film-film Natal, televisi, mendengar atau menyanyikan music-music pop tentang Natal), hubungannya dengan seperangkat nilai dasar (nilai yang dibangun dalam keluarga), hubungan-hubungan sosial (masyarakat), dan cara-cara di mana diskursus ideologi seputar Natal digunakan.
Buku ini sangat tepat dibaca untuk memahami Ideologi dan Budaya Pop di balik Natal yang selalu kita rayakan. Walaupun ditulis dalam konteks Inggris, USA dan Australia, tetapi perayaan-perayaan Natal saat ini telah mengglobal dan mirip dengan adanya Santa Claus, Kartu Natal, dan lain-lain yang menyeragamkan dunia di bulan Desember.

Klik link di bawah ini untuk mendownload Buku tersebut (pdf):
Rapidshare
Filefactory





Tidak ada komentar:

Sampah Ambon