Minggu, 19 April 2009

Tugas Epistemologi

Dalam artikelnya "Epistemological Duties", Richard Feldman (dalam The Oxford Handbook of Epistemology, dieditori Paul K. Moser) menyampaikan 3 tugas epistemologi dengan beberapa penjelasannya. Namun sebelum sampai pada penjelasan tentang tugas-tugas epistemologi, terlebih dahulu dijelaskan tentang apa itu "tugas (duty)" sebenarnya. Menurut The Cambridge Dictionary of Philosophy, yang dimaksudkan dengan duty adalah What a person is obligated or required to do. Duties can be moral, legal, parental, occupational, etc. Tentu saja tugas masing-masing orang akan berbeda tergantung pada posisi dan situasinya. Namun demikian, kita mendapatkan tugas kita dengan berpatokkan pada tujuan-tujuan. Feldman kemudian mengutip Hall dan Johnson yang menulis bahwa "Jika anda menerima tujuan T, dan Tindakan t adalah cara terbaik untuk mencapai T, maka adalah keharusan untuk melaksanakan t atau adalah cukup rasional untuk bertindak t. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa t adalah tugas untuk mencapai T.
Berdasarkan penjelasan tentang tugas di atas, maka Feldman mendudukkan "Tugas Epistemologis" sebagai berikut:

A. Tugas-Tugas untuk Percaya

TE = Tugas Epistemologis

TE1 = Kita memiliki tugas epistemologi untuk mempercayai semua proposisi yang didukung oleh evidensi yang kita miliki.

TE2 = Untuk tiap proposisi p, waktu w, dan orang S, jika S mempertimbangkan p saat w, maka S memiliki tugas untuk memandang ke arah p yang cocok dengan evidensi yang dimiliki oleh S saat w mengenai p.

B. Tugas untuk Mencoba agar Percaya

TE3 = untuk tiap proposisi p, waktu w, dan orang S, jika S mempertimbangkan p saat w, maka S memiliki tugas untuk mencoba mengajukan bahwa S percaya p jika dan hanya p adalah benar.


C. Tugas-Tugas untuk Mengumpulkan Evidensi

TE4 = Untuk tiap proposisi p, waktu w, dan orang S, jika p kurang pasti bagi S saat w, maka S memiliki suatu tugas prima facie saat w untuk mengumpulkan evidensi tambahan mengenai p


D. Tugas Epistemologi lain

TE5 = Tiap orang memiliki suatu tugas epistemologi untuk bertindak dalam cara-cara yang memungkinkan semakin bertambah orang yang percaya pada hal yang benar dan mengurangi jumlah orang yang percaya pada hal yang salah.







Tidak ada komentar:

Sampah Ambon