Langsung ke konten utama

Sekilas Info Saja ... !!!

Hari Sabtu, 14 Januari 1978, entah siang atau malam, pagi atau sore, berawan, cerah atau hujan, lahirlah diriku. Diberi nama JUSUF NIKOLAS ANAMOFA oleh entah siapa. JUSUF diambil dari nama ayah dari ayah ayahku, sedangkan NIKOLAS diambil dari nama ayah dari ibu ibuku. Apapun situasinya, siapapun yang memberi nama, berasal dari mana nama itu, apa arti dan maknanya, itu bukan persoalan bagiku. Yang penting bagiku adalah "TERIMA KASIH TUHAN ATAS BERKAT KELAHIRANKU".

ANAMOFA adalah marga ayahku yang berasal dari YATOKE, Kep. BABAR di Maluku Barat Daya. Orang sering menyebut wilayah itu sebagai Tenggara Jauh. Sedangkan marga ibuku adalah SOPACUAPERU yang berasal dari AMAHEI, Maluku Tengah. Aku lahir dan dibesarkan di Amahei, di lingkungan keluarga Ibuku. Jadi, jangan tanya tentang ANAMOFA, YATOKE, BABAR, MALUKU BARAT DAYA dari diriku. Aku baru mulai mencari tahu tentang itu setelah keluar dari Amahei - MALUKU untuk tinggal di Jayapura - PAPUA. Rupa-rupanya kesadaran identitas itu baru muncul ketika keluar dari wilayah-wilayah yang dikenal ke wilayah-wilayah baru yang dirasa masih asing.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Menit Lepas Dari Rusuh

Tanggal 28 Desember pagi hari kami sekeluarga berencana berlibur ke Amahei untuk menghadiri perayaan natal Amahei - Ihamahu 2012. Rencananya lewat laut menggunakan kapal cepat, tetapi setelah rencana kami diketahui oleh keluarga istri, jadilah semua rame-rame pada ikut ke Amahei. Karena tidak mungkin 8 orang menggunakan kapal cepat, kami memilih menggunakan mobil lewat jalan darat (Waipirit-Kairatu ke Masohi).


Berangkat dari rumah di Lateri-Ambon sekitar jam 10 pagi, tiba di Liang sebelum jam 11, baru bisa menyeberang dengan Ferry ke Waipirit sekitar jam 12 siang. Perjalan sekitar 1 jam, istirahat sebentar, perjalanan dilanjutkan sekitar jam 2 siang. Tiba di Masohi kurang lebih jam 5 sore.


Singkat cerita, bertemu dengan orang tua dan keluarga, dilanjutkan dengan merayakan natal sebagaimana tujuan kepulangan.


Tanggal 29 Desember 2012, kami kembali ke Ambon melalui jalan yang sama. Lepas dari Amahei sekitar jam 12 Siang dengan harapan sekitar jam 4 sore sudah bisa menyeberang ke Ambon.


Tiba…